Kamis, 10 Juli 2014

Sejarah Kerupuk Upil khas kediri

Kerupuk

Kerupuk/krupuk yaitu camilan ringan yang terbuat dari tepung tapioka dicampur bahan perasa seperti
Kerupuk bertekstur garing,gurih,renyah dan sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan,soto,rawon,bakso.dll. Indonesia seperti nasi goreng dan gado-gado.
Kerupuk udang dan kerupuk ikan dan kerupuk bawang adalah jenis kerupuk yang paling umum dijumpai di jawa timur,jawa tengah,jawa barat dan indonesia. Kerupuk berharga murah meriah ini seperti kerupuk aci atau kerupuk mlarat/miskin hanya dibuat dari adonan sagu dicampur garam, bahan pewarna makanan, dan vetsin.tanpa bahan pengawet lhooooo.
Kerupuk biasanya dijual di dalam kemasan yang belum digoreng/krecek bahasa jawanya. Kerupuk ikan dari jenis yang sulit mengembang ketika digoreng biasanya dijual dalam bentuk sudah digoreng.
Kerupuk kulit atau kerupuk ikan yang sulit mengembang perlu digoreng sebanyak 2x. Kerupuk perlu digoreng lebih dulu dengan minyak goreng bersuhu sedang sebelum dipindahkan ke dalam wajan berisi minyak bersuhu panas 100".
Kerupuk kulit (kerupuk jangek) adalah kerupuk yang tidak dibuat adonan tepunh, tetapi dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan dan tanpa pengawet.

udang/ikan/bawang. Kerupuk dibuat dengan mengukus di panci dengan adonan sebelum dipotong tipis-tipis, dikeringkan di bawah sinar matahari sehari/2hari tergantung terik matahari dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak/ pasir yg sudah dibersihkan.

Sejarah Kerupuk

Konon sejarah dari krupuk diambil dari kisah nyata tentang keluarga yang tidak mampu yang memiliki banyak anak dan sulit untuk membeli makanan.Sehingga untuk bertahan hidup mereka rela makan nasi dengan lauk sawut (ketela pohon yang diserut/diparut). Nah,,,,awal pembuatan sawut, yaitu pertama-tama ketela/telo pohon diparut/dihaluskan kemudian diberi air. setelah itu, parutan ketela pohon yang tercampur air dan bumbu diperas dan diambil sarinya. lalu diendapkan beberapa hari lalu di jemur jadilah tepung tapioka/ tepung telo. lalu tepung tersebut diolah menjadi krupuk

Jenis-jenis Kerupuk:
*Kerupuk melarat
*Kerupuk udang
*Kerupuk kulit
*Kerupuk gendar
*Rengginang
*Kerupuk Jengkol

Yang pingin pesen bisa
Contak : Ibu salimi , 085784603657
Alamat : Ds. Tiron, Kec.Banyakan, Kab.Kediri

1 komentar: